Sabtu, 08 September 2018

Menjadi Orang Sangat Sensitif Adalah Sifat Kepribadian Ilmiah.

Menjadi Orang Sangat Sensitif Adalah Sifat Kepribadian Ilmiah. Berikut Ini Seperti Apa Rasanya.

Bagaimana saya berkembang di dunia sebagai makhluk (sangat) sensitif.

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kita masing-masing secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Sepanjang hidup saya, saya sangat terpengaruh oleh cahaya terang, aroma yang kuat, pakaian yang gatal, dan suara yang keras. Kadang-kadang, sepertinya saya bisa mengintip perasaan orang lain, menangkap kesedihan, kemarahan, atau kesepian mereka sebelum mereka mengucapkan sepatah kata pun.

Selain itu, pengalaman sensorik, seperti mendengarkan musik, kadang-kadang membanjiri saya dengan emosi. Secara musikal, saya bisa memainkan melodi dengan telinga, sering menebak yang datang berikutnya berdasarkan pada bagaimana musik terasa.

Karena saya telah mengintensifkan reaksi terhadap lingkungan saya, saya mengalami kesulitan multitasking dan dapat menjadi stres ketika terlalu banyak yang terjadi sekaligus.

Tapi selama masa kanak-kanak, bukannya dilihat sebagai artistik atau unik, tingkah lakuku dilabeli sebagai aneh. Teman sekelas sering memanggil saya "Rain Man," sementara guru menuduh saya tidak memperhatikan di kelas.

Ditulisi sebagai bebek aneh, tidak ada yang menyebutkan bahwa saya kemungkinan besar adalah "orang yang sangat sensitif," atau HSP - seseorang dengan sistem saraf sensitif yang sangat terpengaruh oleh kehalusan di lingkungan mereka.

HSP bukan gangguan atau kondisi, melainkan sifat kepribadian yang juga dikenal sebagai sensitivitas pemrosesan sensorik (SPS). Yang mengejutkan saya, saya bukan bebek aneh sama sekali. Dr Elaine Aron menyatakan bahwa 15 hingga 20 persen populasi adalah HSP.

Melihat ke belakang, pengalaman saya sebagai seorang HSP sangat mempengaruhi persahabatan saya, hubungan romantis, dan bahkan membuat saya menjadi seorang psikolog. Inilah bagaimana menjadi HSP.
1. Menjadi seorang HSP mempengaruhi masa kecil saya

Pada hari pertama saya di taman kanak-kanak, guru membaca peraturan kelas: “Taruh tas ransel Anda di kamar kecil setiap pagi. Hormati teman sekelas Anda. Tidak ada tattling. "

Setelah membaca daftar, dia berkata: "Dan akhirnya, aturan paling penting dari semua: Jika Anda memiliki pertanyaan, angkat tangan."

Meskipun undangan terbuka, saya mengajukan beberapa pertanyaan. Sebelum mengangkat tangan saya, saya akan mempelajari ekspresi wajah guru, mencoba mencari tahu apakah dia lelah, marah, atau kesal. Jika dia mengangkat alisnya, saya berasumsi dia frustrasi. Jika dia berbicara terlalu cepat, saya pikir dia tidak sabar.

Sebelum mengajukan pertanyaan apa pun, saya akan bertanya, "Apakah boleh jika saya mengajukan pertanyaan?" Awalnya, guru saya bertemu dengan perilaku saya yang lemah dengan empati, "Tentu saja tidak apa-apa," katanya.

Tetapi segera, belas kasihnya berubah menjadi kesal, dan dia berteriak, “Saya memberi tahu Anda bahwa Anda tidak perlu meminta izin. Apakah Anda tidak memperhatikan pada hari pertama di kelas? ”

Dimalu karena nakal, dia mengatakan saya adalah "pendengar yang buruk" dan mengatakan kepada saya untuk "berhenti menjadi pemeliharaan yang tinggi."

    Di taman bermain, saya berjuang untuk mendapatkan teman. Saya sering duduk sendirian karena saya percaya semua orang marah pada saya.

Mengejek dari rekan-rekan dan kata-kata keras dari para guru membuat saya mundur. Akibatnya, saya punya beberapa teman dan sering merasa seperti saya tidak pantas. "Tetap keluar dari jalan, dan tidak ada yang akan mengganggumu," jadilah mantra saya.
3 hal yang orang HSP ingin Anda ketahui

    Kami merasakan banyak hal tetapi mungkin menyembunyikan emosi kami dari orang lain, karena kami belajar untuk mundur.
    Kami mungkin tampak tidak nyaman dalam situasi grup, seperti rapat kerja atau pesta karena terlalu banyak stimulasi, seperti suara keras. Ini tidak berarti bahwa kita tidak menghargai hubungan.
    Ketika memulai hubungan baru, seperti persahabatan atau kemitraan romantis, kami dapat mencari kepastian karena kami sangat peka terhadap tanda-tanda penolakan yang dirasakan.

2. Menjadi seorang HSP mempengaruhi hubungan saya

Setiap kali teman saya naksir seseorang, mereka meminta nasihat kepada saya.

“Apakah Anda berpikir begitu-dan-begitu ingin saya menelepon dan dia berusaha keras untuk mendapatkannya?” Seorang teman bertanya. “Saya tidak percaya bermain sulit untuk didapatkan. Jadilah dirimu sendiri, ”jawab saya. Meskipun teman-teman saya berpikir bahwa saya menganalisis secara berlebihan setiap situasi sosial, mereka mulai menghargai wawasan saya.

Namun, terus-menerus mengeluarkan nasihat emosional dan menyenangkan orang lain menjadi pola yang sulit dihancurkan. Takut diperhatikan, saya memasukkan diri ke dalam narasi orang lain, menggunakan sifat sensitif saya untuk menawarkan empati dan belasungkawa.

Sementara teman sekelas dan teman-teman berlari ke saya untuk meminta dukungan, mereka hampir tidak tahu apa-apa tentang saya, dan saya merasa tidak terlihat.

Pada saat tahun senior saya di SMA, saya memiliki pacar pertama saya. Saya membuatnya gila.

Saya terus-menerus mempelajari perilakunya dan mengatakan kepadanya bahwa kami harus memperbaiki hubungan kami. Saya bahkan menyarankan agar kami mengambil tes kepribadian Myers-Briggs untuk melihat apakah kami cocok atau tidak.

“Saya pikir Anda ekstrovert dan saya introvert!” Saya menyatakan. Dia tidak senang dengan hipotesis saya dan putus dengan saya.
3. Menjadi HSP mempengaruhi kehidupan kampus saya

“Orang yang sangat sensitif sering dipengaruhi oleh suara keras. Mereka mungkin butuh istirahat setelah terkena banyak rangsangan. Orang yang sangat sensitif sangat dipengaruhi oleh perasaan orang lain, dan sering percaya bahwa mereka dapat mengintip emosi orang lain. ”

Pada tahun 1997, selama kelas psikologi, dosen saya menggambarkan tipe kepribadian yang belum pernah saya dengar sebelumnya, orang yang sangat sensitif.

    Saat ia mencantumkan karakteristik khas HSP, saya merasa seperti sedang membaca pikiran saya.

Menurut profesor saya, Dr. Elaine Aron, seorang psikolog, menciptakan istilah HSP pada tahun 1996. Melalui penelitiannya, Aron menulis sebuah buku, "Orang yang Sangat Sensitif: Cara Berkembang Ketika Dunia Membebani Anda." Dalam buku itu, dia menggambarkan ciri khas kepribadian HSP dan bagaimana berkembang di dunia sebagai makhluk yang sensitif.

Profesor saya mengatakan bahwa HSP sering intuitif dan mudah diremehkan. Dia dengan cepat menunjukkan bahwa Aron tidak melihat HSP memiliki cacat kepribadian atau sindrom, tetapi lebih merupakan serangkaian sifat yang berasal dari memiliki sistem yang sensitif.

Kuliah itu mengubah jalan hidupku.

Tergugah oleh kepekaan cara membentuk kepribadian dan interaksi kami dengan orang lain, saya pergi ke sekolah pascasarjana dan menjadi seorang psikolog.
Cara berkembang di dunia sebagai HSP

    Pelajari cara mengenali emosi Anda. Ingat bahwa perasaan menyedihkan, seperti kecemasan, kesedihan, dan rasa kewalahan akan bersifat sementara.
    Kelola stres dengan berolahraga secara teratur, tidur nyenyak, dan curhat pada teman-teman tepercaya atau terapis tentang kesulitan Anda.
    Biarkan teman, rekan kerja, dan anggota keluarga tahu bahwa Anda menjadi terlalu terangsang dalam lingkungan yang keras. Dan beri tahu mereka bagaimana Anda akan menghadapi situasi seperti ini, "Saya kewalahan oleh cahaya terang, jika saya melangkah keluar selama beberapa menit, jangan khawatir."
    Mulailah praktik mementingkan diri sendiri, mengarahkan kebaikan dan rasa syukur terhadap diri sendiri alih-alih mengkritik diri sendiri.

Marwa Azab, seorang profesor psikologi dan pengembangan manusia di California State University di Long Beach, menunjukkan dalam pembicaraan TED di HSP bahwa sifat-sifat yang sangat sensitif telah divalidasi oleh beberapa studi ilmiah.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan di sekitar HSP, berbagai cara menunjukkannya pada orang-orang, dan bagaimana kita dapat mengatasi menjadi sensitif-uber, itu sangat membantu bagi saya hanya mengetahui bahwa sifat itu ada dan bahwa saya tidak sendirian.

Sekarang, saya menerima kepekaan saya sebagai hadiah dan menjaga diri dengan menghindari pesta keras, film menakutkan, dan berita yang mengganggu.

Saya juga belajar untuk tidak mengambil barang secara pribadi dan dapat mengenali nilai-nilai membiarkan sesuatu pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar